Tips Memulai Bisnis Dropship Dari Pemula Hingga Sukses

Tips Memulai Bisnis Dropship Dari Pemula Hingga Sukses

Menjadi seorang Drop Shipping atau biasa kita kenal dengan sebutan Dropship adalah model bisnis online yang bermodalkan online shop untuk berjualan. Seorang dropshipper (sebutan untuk pelaku bisnis dropship) tidak serta merta memiliki stok barang di rumah, melainkan mereka Cuma bekerja dengan sistem menjual barang / produk milik orang lain atau sering disebut dengan istilah Supplier.

Jadi pengertian bisnis dropship seperti itu, sering juga orang menyebutnya dengan bisnis affiliasi/affiliation. Apakah Sampai disini Anda sudah paham apa itu dropship? yang merupakan salah satu model bisnis online yang bisa dilakukan di mana saja dan nyaris tanpa memakai modal, karena kelebihan seorang drosphipper itu mereka tidak perlu menyetok barang di gudang sendiri.

Baca Juga : Apa Itu Dropship Serta Perbedaannya Dengan Reseller

Meskipun bisnis dropship terbilang sebagai bisnis yang fleksibel dan bisa dikerjakan oleh siapa saja, namun hal itu, bisnis dropship bukanlah bisnis yang bisa kita jalankan dengan mudah, dalam arti akan ada banyak tantangan yang harus anda lewati dan Anda hadapi, seperti molornya jadwal pengiriman sampai komplain karena produk tidak sesuai dengan foto.

Tidak usah khawatir, karena hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips menjalankan bisnis dropship yang akan saya jelaskan di artikel ini, harapan saya tentu saja agar Anda para dropshipper pemula bisa menjadi dropshipper yang sukses.
1. Terapkan Produk Tunggal

Dalam menjalankan bisnis online dropshiper seringkali terlena untuk menjual berbagai item barang dengan jumlah yang banyak, padahal hal itu kita lakukan dampaknya adalah akan membuat kita menjadi tidak fokus. Maka yang saya sarankan adalah,mari mencoba untuk fokus pada satu item terlebih dulu, tingkatkan branding pada produk kita tersebut agar orang semakin yakin dengan kita.
2. Fikirkan Soal Branding

Untuk lebih meningkatkan keyakinan pembeli, Anda bisa melakukannya dengan berbagai macam cara, seperti membuat toko online yang mudah di ingat. Ya, sebuah toko online akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli , karena mereka akan beranggapan bahwa Anda adalah penjual yang profesional yang sudah memiliki nama besar (brand)
3. Terapkan Strategi Jitu

apakah anda penasaran tentang bagaimana menerapkan strategi jitu ? singkatnya adalah teknik untuk menjual dua item barang dalam satu kesempatan. Saya contohkan ada seorang dropshipper yang menjual baju dan jika dia jeli maka dia bisa menerapkan strategi jitu dengan cara menawarkan celana, topi atau barang lain yang masih terkait dengan produk utama.
4. Respon cepat pada calon Konsumen

Pelayanan dropsiher pada konsumen yang cepat merupakan kunci sukses untuk mengambil hati calon konsumen,Bukan hanya cepat namun juga harus cekatan intinya harus mampu menyuguhkan pelayanan yang benar-benar membuat hati calon konsumen /pelanggan puas. Serta juga merespon tentang apa yang menjadi keluhan para pelanggan kita, apakah terlalu lama menunggu atau kualitas barang tidak sesuai dengan apa yang di inginkan.
5. Meminimalisir Segala Resiko

Keterangan deskripsi barang sangatlah penting,Menuliskan deskripsi yang lengkap dan jelas pada produk yang Anda jual maka akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulang dan ini berarti anda bisa menghemat waktu yang mungkin akan terbuang sia-sia Toko online yang mewakili Brand anda juga mampu meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang dropshipper.

 

6. Upgrade Diri Menjadi Reseller

Banyak yang beranggapan bahwa Reseller sama saja dengan Dropshiper.memang terdapat kesamaan tetapi keduanya benar-benar berbeda,baik dari segi modal dan resikonya.
7. Keuntungan Yang Harus Anda Terima Dari Supplier

Dalam bisnis dropship, ada beberapa hak yang harus dipenuhi oleh si Supplier, misalnya hak untuk mencantumkan nama brand kita pada nama pengirim dan ada juga hak untuk meminta personal garansi. Jika hal ini di abaikan oleh supplier maka kita berhak untuk memutuskan hubungan terhadap supplier dan mencari supplier yang benar-benar professional.
8. Temukan Supplier Yang Proffesional

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti halnya pengiriman produk cacat atau produk yang tidak sesuai dengan pesanan, maka sebaiknya Anda benar-benar memilih supplier yang terpercaya, supplier yang sudah memiliki nama dan memiliki reputasi baik, karena disini nama Anda menjadi taruhan saat barang yang dipesan tidak bisa dipenuhi dengan baik.

 

9. Test Supplier Dengan Menjadi Pembeli
Cara jika Anda ingin mendapatkan supplier yang tepat yang sesuai dengan kriteria anda, maka lakukanlah test terlebih dahulu dengan menjadi pembeli, hal tersebut untuk memastikan bahwa supplier yang Anda pilih benar-benar layak untuk dijadikan partner kerja. Test seperti ini juga bisa membantu Anda untuk mencari tahu kualitas produk yang dijual oleh Supplier.
10. Bermental Kuat

Kebanyakan dropshipper tidak memiliki mental yang kuat, mental yang kuat intinya jika barang terjual maka dia bersyukur dan jika barang tidak terjual akan mudah pasrah. Padahal mental seperti itu akan membuat mereka sulit berkembang, karena sebagai seorang dropshipper itu harus mempunyai sebuah target pencapaian.

Cobalah, dan jangan Tanya hasilnya jika belum mencoba

 

Satu tanggapan untuk “Tips Memulai Bisnis Dropship Dari Pemula Hingga Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *