12 Tips Jika Terjadi Masalah Keuangan Dalam Keluarga Anda

Masalah Keuangan bisa kapan saja terjadi pada keluarga anda baik itu pasangan baru maupun yang sudah bertahun-tahun membina rumah tangga, masalah keuangan bisa saja mengancam keharmonisan rumah tangga anda dan tak jarang pula sebuah pernikahan yang di bangun dengan dasar saling cinta,harus kandas di tengah jalan.

Persiapan sedini mungkin sangat di perlukan agar lebih cermat lagi serta mempunyai kebijakan dalam diri agar bisa mengontrol dan menangani masalah keuangan keluarga kapan saja,tapi tidak usah risau,di sini akan saya bahas sedetail mungkin,tentang apa saja yang harus di lakukan agar terhindar dari masalah keuangan keluarga. Berikut adalah beberapa tips jika terjadi masalah keuangan dalam keluarga anda :

# Ada Sikap Saling Terbuka

Dalam membina rumah tangga sikap saling terbuka antara pasangan adalah hal yang wajib di lakukan,tanpa adanya sikap saling terubuka mustahil rumah tangga yang kita bangun akan langgeng,kita harus bisa membedakan saat sebelum berumah tangga dan saat sesudah berumah tangga,sikap terbuka adalah hal penting dalam mengatur keuangan karena tanpa sikap terbuka rasanya menjadi mustahil sekali dalam mengatasi semua masalah,baik itu keuangan,keharmonisan dll.

# Buat Sebuah Perencanaan

Perencanaan sangat penting artinya,langkah awal untuk merencanakan sesuatu yaitu butuh yang namanya perencanaan yang matang,tanpa adanya perencanaan yang matang maka di khawatirkan akan terjadi masalah-masalah di kemudian hari, yang bisa berimbas kepada menejemen keuangan keluarga.

Baca Juga : Perencanaan Produksi Dalam Dunia Bisnis | ANALISA KEUANGAN: CARA MENGENDALIKAN PIUTANG | Kas Keuangan: Usaha Untuk Mendapatkan Kas Yang Ekonomis

# Menyusun Anggaran Belanja Keluarga

Buatlah susunan anggaran yang masuk akal dan mudah di jalankan yaitu sebuah anggaran yang mempunyai porsi yang sedang,tidak besar dan tidak terlalu kecil. Jika terlalu besar tentunya akan memberatkan anggaran yang tersedia,jika terlalu kecil maka kita harus ekstra untuk bisa menghemat semua pengeluaran perbelanjaan keluarga.

# Tujuan Ke Depan

Keuangan keluarga haruslah di sikapi secara cermat dan bijak,karena hal ini menyangkut masa depan keluarga dan anak-anak kita,biaya pendidikan dan biaya kesehatan untuk keluarga dan anak haruslah tercukupi,yaitu dengan cara menyisihkan uang untuk di tabung,sebagai persiapan masa depan anak kita.

# Tabungan Keluarga

Mendidik anak untuk rajin menabung sejak dini akan sangat bagus,karena akan mendidik anak untuk lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang saku yang kita beri,contoh seperti ini patut kita tanamkan kepada anak-anak kita. Sebagai orang tua kita wajib mengajarkan dan memberi contoh langsung bagaimana cara memanfaatkan uang yang baik dan benar.

# Adanya Kontrol Keuangan

Untuk mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang kita belanjakan sehari-hari,minggu,bulan bahkan tahun bisa kita ketahui secara mudah, tujuanya untuk evaluasi di masa yang akan datang.

# Diskusi Dengan Teman/Kerabat

Langkah penting jika terjadi masalah pada keuangan keluarga anda dengan cara diskusi/curhat kepada teman atau kerabat, sharing pengalaman dengan mereka siapa tahu ada solusi yang bisa kita peroleh dari mereka.

# Kerjasama Yang Kompak

Masalah keuangan keluarga adalah masalah bersama,sudah barang tentu butuh sebuah kerjasama yang solid dan kompak dengan pasangan kita,jika hal ini di abaikan,tidak menutup kemungkinan masalah akan semakin bertambah buruk lagi.

# Buang Jauh-Jauh Rasa Gengsi

Gengsi merupakan sebuah penyakit yang tidak bisa di deteksi oleh dokter sekalipun,hal yang paling menghambat kemajuan adalah gengsi,misalkan jika tetangga kita bisa beli motor baru sedangkan kita tidak,timbullah rasa iri hingga apapun caranya kita tempuh untuk bisa membeli motor seperti tetangga kita,nah hal seperti seharusnya kita buang jauh-jauh.

Tips Di atas bisa anda praktekkan di rumah tanpa rasa takut lagi mengalami masalah keuangan keluarga anda

2 tanggapan untuk “12 Tips Jika Terjadi Masalah Keuangan Dalam Keluarga Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *