Perencanaan Produksi Dalam Dunia Bisnis

perencanaan produksi dalam dunia bisnis

Perencanaan Produksi dalam dunia bisnis, Perusahaan dalam membuat perencanaan produksi dapat menyiapkanya sesuai dengan data yang dimiliki. Untuk perusahaan yang baru akan didirikan, perencanaan produksi harus didasarkan data sekunder yang harus dianalisis berdasarkan, misalnya statistik. 

Sedangkan untuk perusahaan yang telah berjalan, perencanaan produksinya dapat dilakukan dengan data analisis titik impas, program linear, dibuat untuk jangka pendek (1 tahun) dan jangka menengah (2 sampai dengan 3 tahun) dan jangka panjang 3 sampai 5 tahun. Perencanaan produksi jangka panjang harus meliputi hal-hal yang lebih luas, yakni kemungkinan ekspansi dan pengembangan produk yang disesuaikan dengan perubahan selera pasar.

Hal-hal yang meliputi perencanaan produksi sebagai berikut :

1. Desain produk (product design)
sebelum perusahaan benar-benar beroperasi maka desain produk harus lebih dulu di siapkan dalam jangka pendek. Dan sesuai dengan trend perubahan selera pasar, desain barang akan selalu diperbarui agar barang yang dibuat selalu dibutuhkan konsumen atau pasar. Berdasarkan desain barang yang akan dibuat dapat ditentukan teknologi atau mesin yang akan dibeli, termasuk kapasitas produksinya.

2. Teknologi dan fasilitas produksi
Seperti yang telah disinggung diatas bahwa dari desain barang yang akan diproduksi, selanjutnya dapat ditentukan hal-hal sebagai berikut :

• Teknologi dan jenis mesin yang akan digunakan. Hal ini biasanya terdapat di beberapa Negara yang mempunyai teknologi dan mesin yang akan dijual. Namun pemiliki atau pemimpin perusahaan akan memilih yang harganya sesuai dengan modal yang dimiliki.
• Besar kecilnya kapasitas mesin yang harus dibeli tergantung kepada ramalan penjualan yang akan menjadi dasar perencanaan produksi.

Baca Juga : Cara Menentukan Tujuan Bisnis Perusahaan

Pemasaran Bisnis Di Bidang Produk Industri
3. Bentuk bangunan dan fasilitas produksi
Besar kecilnya bangunan pabrik yang harus didirikan mempunyai pengaruh terhadap jenis teknologi dan kapasitasnya. Selanjutnya akan menentukan rencana letak mesin dan rencana kegiatan pemeliharaan mesin dan sebagainya. Misalnya perusahaan dengan kapasitas kecil, gedungnya tidak perlu besar dan bentuknya pun lebih sederhana dibandingkan dengan perusahaan yang skala produksinya besar. Kebutuhan akan fasilitas produksinya pun berbeda sesuai dengan keperluan.

Hal yang paling dalam penentuan rencana produksi adalah bahwa rencana produksi harus disusun berdasarkan alasan dan data yang logis dan dapat dipertanggung jawabkan. Adapun data yang diperlukan dalam menyiapkan dan menyusun rencana produksi adalah sebagai berikut :

4. Data pangsa pasar dari industri yang akan dimasuki. Hal ini meliputi data tentang jumlah permintaan dan jumlah penawaran yang telah ada pada suatu industri.

Dari penjelasan diatas, seyogianya perencanaan produksi suatu usaha di dasarkan kepada perhitungan untuk menentukan berapa produk yang dapat dijual atau akan diminta konsumen. Dengan perkataan lain rencana produksi didasarkan pada perkiraan volume penjualan pada waktu sekarang dan yang akan datang.

Rencana produksi jangka panjang hanya dapat dibuat berdasarkan analisis data untuk ramalan jangka panjang. Rencana jangka panjang umumnya 3 sampai dengan 5 tahun. Namun demikian rencana jangka panjang ini perlu selalu diamati untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan berdasarkan hasil pelaksanaan produksi jangka panjang bersangkutan.

One thought on “Perencanaan Produksi Dalam Dunia Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *