Pemasaran Bisnis Di Bidang Produk Industri

pemasaran bisnis di bidang produk industri
google poto

Pemasaran Bisnis Di Bidang Produk Industri

Pemasaran Bisnis, Produk industri adalah barang yang di beli untuk di proses lagi atau untuk kepentingan dalam industri. Yang membeli barang ini adalah perusahaan, lembaga, dan organisasi.


Pemasaran industri dikenal juga dengan nama pemasaran industrial, pemasaran bisnis, pemasaran antar perusahaan, dan pemasaran organisasi. Pemasaran industri berbeda dengan pemasaran produk konsumsi, terutama dalam hal penggunaan produk dan konsumen yang dituju, dimana pemasaran industri mengarahkan produknya kepada :

  • Perusahaan yang akan menjual kembali produk tersebut,
  • Perusahaan yang membeli produk tersebut untuk membantu proses produksinya, dan
  • Lembaga atau organisasi yang membeli produk tersebut untuk membantu kegiatanoperasionalnya.

Produk pemasaran industri berbeda dengan produk pemasaran konsumsi, terutama karena produk pemasaran industri mempunyai spesifikasi teknis yang kompleks, yang harus dipertimbangkan pembeli untuk keperluan produksinya.

Produk pemasaran industri digunakan untuk berbagai macam keperluan industri, seperti bahan mentah atau bahan setengah jadi, barang komponen dan lain-lain. Biasanya pembelian atau pemesanan produk industri dilakukan secara terencana, agar tidak mengganggu produksinya.

Tipe barang industri
1. Bahan mentah (raw materials)
Merupakan bahan yang di kelola untuk produk lain juga termasuk bahan diproses kecuali pada waktu di kemas untuk di kirim. Bahan mentah meliputi:

Pertama, barang yang di temukan dalam keadaan alami seperti tanah, hasil hutan, hasil laut, dan barang galian.
Kedua, produk hasil pertanian seperti padi, sayur, buah-buahan, ternak, produk binatang (telur, susu) dan lain-lain.

2. Bahan dan peralatan buatan (fabricatury materials and parts)
Merupakan bahan industri yang menjadi bagian produk jadi. Bahan ini telah di proses pada tahap tertentu dan akan di proses lebih lanjut.

3. Perlengkapan operasi (operating supplies)
Barang-barang yang dapat di gunakan untuk membantu kelancaran proses produksi maupun berbagai kegiatan lainya dalam perusahaan, termasuk pembekalan yang dapat di pakai dalam waktu yang lama.

4. Instalasi (instalation)
Merupakan alat produksi utama dalam suatu perusahaan, mahal dan berumur panjang. Ia merupakan tulang punggung dari perusahaan atau mempunyai karekteristik secara langsung mempengaharui skala operasi perusahaan.

5. Peralatan ekstra (accessory equipment)
Peralatan ekstra ini dipakai dalam operasi produksi sebuah industri. Alat yang dipakai untuk membantu instalasi, alat ekstra ini tidak mempunyai pengaruh penting dalam skala operasi perusahaan.
Kebijaksanaan pemasaran industrial

6. Permintaan terkait pada permintaan yang lain.
Permintaan barang industri berasal dari permintaan produk konsumen yang berkaitan langsung. Misalnya permintaan terhadap baja tergantung pada permintaan mentega, kue biskuit, mobil, di mana ketergantungan alat-alat mesin dan perlengkapan lain untuk memproduksi barang-barang dari baja.

7. Permintaan tidak elastis.

Dari uraian di atas saya rasa cukup jelas dan padat, semoga artikel Pemasaran Bisnis di bidang produksi industri menjadi referensi bagi calon Bos seperti anda

Artikel populer:

Siklus Bisnis-Siklus persediaa Barang Dalam Bisnis

Internal Persediaan Barang Dalam Bisnis

 

 
 

One thought on “Pemasaran Bisnis Di Bidang Produk Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *