Pemasaran Bisnis Di Bidang Internasional

pemasaran bisnis di bidang internasional
pixabay photo

Pemasaran Bisnis Di Bidang Internasional

Pemasaran Bisnis jika suatu bangsa berkembang, maka perdagangan akan berkembang juga. Tiap negara melakukan peragangan sampai batas tertentu karena hidup dalam dunia yang saling tergantung.


Peluang di luar negeri menuntut perusahaan-perusahaan untuk beroperasi ke seluruh dunia. Kesempatan untuk memasuki pasar internasional dapat berupa, antara lain :

  • Ekspor, adalah penjualan yang di hasilkan perusahaan ke pasar luar negeri.
  • Lisensi, adalah menjual hak untuk menggunakan beberapa proses, merek dagang, paten atau hak lain untuk mendapat royalti atau bayaran.
  • Kontrak pabrik, adalah mengalihkan kelebihan produksi untuk menunjang proses pemasaran kepada yang lain.
  • Kontrak manajemen, adalah menjual keterampilan manajemen, sedangkan fasilitas produksi dimiliki oleh pihak lain.
  • Perusahaan patungan, adalah suatu perusahaan dalam negeri masuk ke dalam suatu perkongsian dengan perusahaan asing.
  • Anak-anak perusahaan, adalah suatu perusahaan yang terpisah dan di miliki oleh perusahaan induk.

Baca Juga :

Cara Menentukan Tujuan Bisnis Perusahaan

Investasi emas | 10 Alasan Mengapa Berinvestasi Emas

17 CARA BISNIS YANG BENAR UNTUK PARA PEMULA

Kebijaksanaan harga

Pengambilan keputusan dalam masalah harga untuk pasar internasional dan pasar domestik tidak jauh berbeda. Pada umumnya cost plus pricing lebih banyak di gunakan di pasar luar negeri dari pada pasar domestik.

Metode cost plus, di gabungkan dengan faktor-faktor biaya pasar internasional lainya. Misalnya tarif ongkos pengiriman, dan marjin yang lebih besar bagi perantara.

Banyak perusahaan multinasional seperti dari jepang dan amerika yang menjual produk-produknya dengan harga lebih rendah untuk pasar luar negeri. Praktek seperti ini di sebut dumping.

Kebijaksanaan saluran distribusi

Untuk berhasil di pasar luar negeri sebuah perusahaan harus mempunyai suatu sistem distribusi yang memadai. Tiga jenis perantara utama yang dapat di gunakan untuk memasuki pasar internasional adalah :

  • Pembeli di suatu negara yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan asing.
  • Perwakilan perusahaan-perusahaan asing.
  • Perantara independen yang membeli dan menjual barang ke luar negeri (pedagang besar luar negeri) atau mempertemukan pembeli dan penjual (agen luar negeri).

Di samping itu, dalam pemasaran luar negeri terdapat dua pilhan apakah menggunakan saluran langsung atau tidak. Seringkali keputusan lebih menyukai pemakai perantara (tidak langsung) karena beberapa alasan :

  • Permintaan terlalu kecil sehingga tidak efisien pendiirian kantor atau cabang penjualan.
  • Pada negara asing, pengetahuan keadaan pasar lebih penting dari pengetahuan produk, walaupun produk berteknologi tinggi.
  • Perantara luar negeri biasa melakukan pengiklanan luas dan menyediakan bahan pameran di tempat perantara. Bila produk memerlukan pelayanan mekanik atau pemasangan, produsen harus menyediakan jasa reparasi yang handal (pendidikan perantara lokal atau mendatangkan tenaga pelayan).

 

Kebijaksanaan promosi

Pengiklanan mungkin sekali lebih banyak di gunakan dalam pemasaran internasional dibandingkan dengan penggunaan tenaga penjualan maupun teknik promosi penjualan yang lainya.

Seringkali perusahaan menggunakan perantara perdagangan luar negeri karena tidak mempunyai tenaga penjualan sendiri, tetap melakukan pengiklanan secara luas di pasaran internasional.

Masalahnya seberapa jauh pengiklanan itu mendapat standarisasi pada pasar di luar negeri. Standarisasi terpacu dengan tambah meningkatnya komunikasi internasional.

 
 

One thought on “Pemasaran Bisnis Di Bidang Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *