Merancang dan Merumuskan Misi Bisnis

merancang dan merumuskan misi bisnis

Merancang dan Merumuskan Misi Bisnis

Misi Bisnis. Seringkali misi dipandang sebelah mata oleh beberapa orang. Jika di ibaratkan sebuah rumah maka hal yang perlu di perhatikan adalah memperkokoh dasarnya dulu, Agar rumah yang dibangun dapat kokoh berdiri menahan semua rintangan hujan dan badai.

Dalam suatu perusahaan biasanya ada karyawan. Karyawan adalah harta karun yang harus dirawat dan dikelola secara sistematik dan profesional. perusahaan tanpa karyawan-karyawan yang hebat dan andal, pastilah akan mengalami kesulitan dalam mencapai kinerja yang diinginkan.

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang di lakukan oleh berbagai unit organisasi dan apa yang mereka harapkan untuk mencapai organisasi. Atau dengan kata lain misi adalah pernyataan yang menunjukkan maksud didirikan atau di bentuknya organisasi dan lingkup bisnis atau kegiatan yang harus di jalankan oleh organisasi.

Baca Juga:

CONTOH USAHA SUKSES DENGAN MODAL 7 JUTA

Menyusun Strategic Intent Dalam Bisnis

Pemasaran Bisnis Di Bidang Organisasi Nirlaba

Misi suatu perusahaan yang jelas merupakan bagian yang penting dalam manajemen perusahaan, karena keberadaanya misi yang di nyatakan secara formal biasanya membuat perusahaan akan berhasil. Misi perusahaan yang telah di tetapkan dan di dokumentasikan yang di tandai dengan adanya spesifikasi karakter, keunggulan dan keunikan perusahaan yang mampu membedakanya dengan para pesaing akan banyak membawa manfaat bagi perusahaan yang besangkutan. Di antaranya adalah:

 Membantu memfokuskan sumber daya secara umum.
 Membantu memastikan bahwa organisasi tidak terlibat dalam konflik kepentingan.
 Berfungsi sebagai dasar pemikiran umum untuk mengalokasikan sumber daya organisasi.
 Membentuk wilayah tanggung jawab kerja yang luas dalam perusahaan.
 Berfungsi sebagai dasar pengembangan tujuan perusahaan.

Misi yang berkaitan dengan purpose, dapat di pelajari dari sejarah pendirian organisasi, sedangkan misi yang berkaitan dengan scope of bussiness perlu di sesuaikan dengan perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan dan perubahan kepemilikan seringkali membuat organisasi harus mendefinisikan kembali bisnisnya.

pada saat itulah di perlukan perubahan misi. Sebab jika tidak segera di rubah maka keberadaan organisasi akan terancam atau organisasi akan bergerak tidak terkendali atau akan muncul beberapa konflik karena munculnya berbagai ketidakjelasan.

Tujuan jangka panjang merupakan kondisi yang lebih spesifik yang ingin di capai pada suatu periode tertentu. Tujuan jangka panjang merupakan satu tahapan ke depan untuk mencapai visi organisasi. Stratgi di rumuskan untuk mencapai tujuan jangka panjang yang telah di sepakati.

Sasaran atau obyektif adalah target jangka panjang yang secara spesifik di harapkan oleh organisasi untuk di capai dalam jangka waktu tertentu. Tanpa adanya sasaran untuk mengoperasikan tujuan, manajer dan karyawan hanya memiliki panduan umum yang kabur untuk pengambilan keputusan, meskipun sasaran sendiri bukan merupakan akhir suatu perjalanan.

Sasaran hanya merupakan tonggak pencapaian (milestone) yang harus di lalui dalam mencapai misi organisasi. Oleh karena itu setiap tujuan perlu di turunkan menjadi sasaran yang dapat di ukur, serta jangka waktu yang di butuhkan untuk mewujudkanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *