Internal Persediaan Barang Dalam Bisnis

google photo

Internal Persediaan Barang Dalam Bisnis, Persediaan bahan atau inventory merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan. Oleh karena itu, persediaan berupa bahan barang setengah jadi dan barang jadi harus dikelola dengan baik.


Pengelolaan itu bukan saja dari aspek perencanaan , namun tidak kalah pentingnya pengelolaan fisik atas persediaan dalam perusahaan. Tanpa ditunjang kegiatan administrasi yang baik dalam penerimaan dan pemakaian bahan yang memadai, bukan saja berarti inefficiency tetapi dampak yang serius adalah hilang akibat dicuri yang dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan.

Misalnya perusahaan telah dengan baik mengadakan perencanaan pembelian bahan baku berdasarkan perhitungan yang tepat, namun bila penggunaan bahan tidak dilakukan dengan administrasi yang baik, tanpa diawasi dengan baik, dapat saja terjadi pemakaian yang tidak sesuai dengan rencana.

Atau bahkan untuk persediaan yang berharga dan mempunyai nilai uang yang tinggi, dicuri untuk maksud memperkaya diri sendiri. Hal ini tentu saja harus dicegah dengan mengadakan sarana pengawasan.
Upaya administrasi ini merupakan upaya pengawasan internal atas penerimaan dan pemakaian bahan.

Secara umum dapat dikatakan bahwa pengawasan internal adalah kegiatan terpadu baik antar unit penyediaan bahan digudang, unit pemakaian bahan, unit akuntansi/keuangan yang keseluruhanya tidak terlepas dari struktur organisasi perusahaan.

Baca Juga :

23 Contoh Bisnis Yang Laku Setiap Hari

15 Peluang Usaha Kreatif Terbaru-hamidcorner.com

peluang usaha cabai hidroponik rumahan

 

Unit-unit kegiatan tersebut secara saling bergayut harus dikoordinasikan untuk mengamankan penggunaan bahan dari hal-hal yang menyimpang. Misalnya administratif di buku gudang dicocokkan dengan saldo fisik. Saldo fisik dan saldo administrasi harus selalu dilakukan terus menerus untuk menjamin keamanan dan sekaligus menjamin kelangsungan hidup perusahaan.

Oleh karena itu, pencocokan atas bahan dapat diklasifikasikan menjadi dua hal umum sebagai berikut :

  • Pengawasan internal – administrasi dan fisik.
    Pengawasan ini dititikberatkan pada upaya mencari tahu atau mengamati apakah saldo fisik yang sebenarnya ada di gudang benar-benar sama dengan saldo administratifnya. Bila tidak cocok harus diteliti lebih lanjut, hal-hal yang mengakibatkan ketidakcocokan tersebut. Mengapa ? dan harus terjawab secara wajar.
  • Pengawasan internal atas catatan di bagian akuntansi dan catatan digudang
    Merupakan upaya yang telah ditujukan untuk menjamin keselamatan kekayaan perusahaan. Juga untuk memperoleh data yang akurat saldo persediaan yang sebenarnya secara fisik yang ada di gudang dan saldo administratif.

Oleh karena itu pengawasan secara internal atas bahan prinsipnya untuk mengawasi kegiatan yang berkaitan dengan persediaan tersebut. Yakni kegiatan kegiatan penerimaaan bagian di gudang, kegiatan akuntansi membukukan transaksi pembelian.

Kegiatan kegiatan terkait tersebut diharapkan dapat mengamankan asset perusahaan dalam bentuk persediaan.

Dan seperti telah disinggung diatas, upaya tersebut untuk menghindarkan terjadinya kecurangan atas asset perusahaan. Misalnya bahan yang telah dibeli dan disimpan digudang tidak seluruhnya untuk kepentingan proses produksi tetapi untuk kepentingan pribadi. Tentu saja hal tersebut mencatat di buku gudang.

Nampaknya kegiatan ini mudah dan sederhana, tetapi makin besar skala usaha perusahaan makin banyak jenis bahan yang perlu dicatat. Tentu saja pekerjaan ini jadi makin tidak sederhana. Tetapi hal tersebut harus dilakukan secara ketat.

 
 

One thought on “Internal Persediaan Barang Dalam Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *