Apa Itu Dropship Serta Perbedaanya Dengan Reseller

Masyarakat awam entah sengaja atau tidak cenderung mencampur antara istilah dropship dan reseller,Padahal, antara dropship dan reseller itu merupakan cara atau tekhnik berjualan online yang sangat berbeda. Untuk lebih jelasnya apa itu dropship serta perbedannya dengan reseller, kita bisa melihat penjelasan yang ada di bawah ini.

Dropship itu adalah sebuah cara jual beli online di mana penjual tidak mempunyai stok barang apapun serta tidak melakukan proses pengiriman sendiri.peran seorang supplier akan sangat dibutuhkan.dan peran seorang supplierlah yang menjadi actor yang bertugas  sebagai pemasok barang.

Tugas seorang Penjual yaitu memajang foto-foto barang dagangan dari supplier di situs jual beli  atau akun media sosial sebagai tempat berjualan. Jika ada seorang pembeli yang mengorder barang dari penjual, maka penjual cukup meneruskan order klien/ calon pembeli kepada supplier. Lalu penjual mengirimkan data-data pembeli seperti nama, alamat, pesanan / jumlah pesanan serta nomor telepon/ handphone,lalu mengirimkan bukti pembayaran disertai pembayaran barang pada supplier.

 

Selanjutnya, tugas supplierlah yang mengirimkan barang tersebut kepada pembeli atas nama penjual/dropshiper. Keuntungan penjual akan didapatkan dari selisih antara harga beli produk dari supplier serta harga jual pada pembeli. Sebagai contoh apabila harga produk dari supplier adalah sebesar Rp 150.000,- maka penjual menjualnya sebesar Rp 170.000,- pada pembeli.

Uang pembayaran yang didapat dari pembeli sebesar Rp 170.000,- hanya akan diberikan pada supplier sebesar Rp 150.000,- dan Rp 20.000,- sisanya adalah keuntuntungan seorang penjual.

Berjualan dropship seperti ini sendiri bisa dilakukan lewat media social atau situs jual beli, di antaranya adalah:

1. Buka Lapak

2. Tokopedia

3. Lazzada

4. Facebook

5. Whatsapp

Dengan begitu proses promosi tidak memerlukan biaya yang besar.

Dalam sistem dropship ini,seorang penjual tidak perlu mempunyai stok barang dan proses pengiriman pada seorang pembeli. Di sinilah perbedaan antara dropship dan reseller.

Seorang reseller akan membeli barang dengan jumlah yang banyak agar mendapatkan  harga grosir kemudian setelah itu menjual kembali dengan harga yang tinggi. Reseller sudah pasti melakukan stok barang dan juga mengirimkan barang pada pembeli.

Sedangkan dropshipper hanya bertugas sebagai penghubung antara supplier dan calon pembeli. Perbedaan lain dari dropship dan reseller yaitu reseller harus mengeluarkan modal terlebih dulu untuk membeli barang. Sementara seorang dropship tidak membutuhkan modal besar. Bisnis dropship biasanya dilakukan oleh orang pemula yang tahu peluang dan juga di lakukan oleh mereka yang tidak mau ribet dalam mencari uang, sementara mereka yang sudah punya cukup pengalaman akan menjadi seorang reseller.

Kelemahan Bisnis dropship ini adalah bisnis yang hanya bisa dilakukan secara online karena penjual tidak melakukan stok.

Kelebihan Dropship adalah kita tidak memerlukan stok barang,tempat/kios,tidak perlu modal besar.

Sementara bagi seorang reseller dapat menjalankan bisnisnya baik secara online maupun offline. Kedua bisnis ini sama-sama bisa tekuni oleh seorang pemula dalam jual beli online.

Kita bisa dengan mudah menemukan toko online yang menyediakan tawaran untuk menjadi reseller ataupun dropshipper. Menjadi reseller ataupun dropshipper sendiri seringkali tidak dikenakan biaya besar sehingga keduanya merupakan bisnis yang membutuhkan modal terjangkau.

Bisnis dropship ini termasuk kategori bisnis yang fleksibel, karena bisa menghemat waktu dan tempat. Dalam dropship tidak memerlukan proses pengiriman barang, sehingga kita sebagai dropship memiliki lebih banyak waktu luang.

Cara untuk menjadi dropship terbilang mudah. Kita hanya perlu mencari supplier yang memberikan penaswaran yang menarik dan mendaftarkan diri untuk menjadi dropshipper.

Pendaftaran ini  gratis tanpa ada persyaratan ataupun pembayaran tertentu. Kita bisa memulai berjualan setelah mendapat katalog produk dari seorang supplier.

Bisnis Dropship ini sangat cocok bagi siapa saja yang mau menekuninya sedangkan peluang dari bisnis dropship terbilang masih terbuka lebar,mau tunggu apalagi???

Mulailah sekarang Juga!!!

 

3 thoughts on “Apa Itu Dropship Serta Perbedaanya Dengan Reseller

  • Pingback: Tips Memulai Bisnis Dropship Dari Pemula Hingga Sukses

  • December 7, 2017 at 1:01 am
    Permalink

    Living in France is one thing desired by many individuals. If you want to live in France then you have to get French property. You can read the advertisement section of the newspapers which has the section of houses for sale in France. After making a suitable choice, you should research about the properties for sale in France. French property is now a days very much wanted also.

    If you want to live in France and spend your life there you should select a proper house. French property is not cheap and you need to make a major investment. You must also know about the properties for sale in France at various locations. The houses for sale in France come in different prices depending on the location

    Reply
  • Pingback: BISNIS DROPSHIP | 10 KIAT SUKSES UNTUK PEMULA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *