4 Faktor Bisnis Yang Perlu Di Perhatikan

4 Faktor bisnis yang perlu di perhatikan
google photo

4 Faktor Bisnis Yang Perlu Di Perhatikan,

Dalam dunia bisnis terdapat beberapa faktor yang menentukan besarnya persediaan yang harus diadakan, dimana faktor-faktor tersebut saling bertautan satu sama lain.

Adapun faktor dominan adalah sebagai berikut :

1. Perkiraan pemakaian bahan.

Penentu besarnya persediaan bahan yang diperlukan harus sesuai dengan kebutuhan pemakaian bahan tersebut dalam suatu periode produksi tertentu.


Misalnya suatu perusahaan biskuit, jumlah tepung terigu, gula dan sebagainya yang harus diadakan harus berdasarkan berapa banyak tepung terigu, gula dan sebagainya akan digunakan dalam 1 hari produksi.

Bila kebutuhan tepung terigu dan gula dalam 1 hari masing-masing 1 ton, berarti tepung terigu dan gula yang harus disediakan dalam 1 bulan (25 hari) masing-masing 25 ton. Jadi, seyogianya perkiraan kebutuhan bahan yang harus dibeli harus di dasarkan kepada rencana tingkat produksi per hari atau per bulan.

2. Harga bahan.

Harga bahan yang diperlukan merupakan faktor lainya yang dapat mempengaharui besarnya persediaan yang harus diadakan.

modal yang harus disediakan untuk membeli persediaan tersebut adalah harga barang di kali dengan banyaknya barang itu sendiri. Contoh diatas bila harga tepung terigu Rp. 1000 per kilogram, berarti modal yang diperlukan untuk persediaan terigu sebesar Rp. 1.000.000 (Rp. 1000 x 1000 kg)

3. Biaya persediaan.

Terdapat beberapa jenis biaya untuk menyelenggarakan persediaan bahan. Adapun jenis biaya persediaan adalah biaya pemesanan (biaya order) dan biaya penyimpanan bahan gudang. Rincian biaya tersebut adalah sebagai berikut :

Baca Juga :

5 Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Investasi

INSPIRASI BISNIS TAHUN 2017-Hamidcorner.com

10 Dasar Penting Dalam Berwirausaha

Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Modal Kerja

Biaya pemesanan terdiri : biaya telepon untuk pesan, biaya bongkar, biaya pengiriman dan biaya lainya yang berkaitan dengan pemesanan bahan sampai bahan masuk ke gudang.

Biaya penyimpanan adalah sewa gudang, biaya asuransi, bunga modal, biaya kerusakan bahan selama disimpan.

4. Waktu menunggu pesanan.

adalah proses di mana barang yang kita pesan tadi sampai ke tangan kita.Waktu tenggang ini merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar barang/ bahan yang dipesan datang tepat pada waktunya. Artinya jangan sampai terjadi kehabisan bahan di gudang.

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa persediaan bahan di gudang harus kembali penuh saat bahan baku yang lama hamper habis. Jadi, bahan baku digudang harus berkesinambungan disediakan di gudang agar proses produksi tidak terhenti.

Jadi, diperlukan ketepatan waktu pemesanan kembali. Namun demikian, berapa jumlah bahan yang harus dipesan ? apakah sebanyak-banyaknya ? atau sedikit mungkin ?.

Bila diadakan sebanyak-banyaknya, memang proses produksi akan terjamin kelancaranya. Namun menyimpan bahan banyak-banyak berarti biaya penyimpanan akan besar sekali.

Tetapi bila persediaan dalam jumlah sekecil-kecilnya dapat mengancam proses produksi. Jadi, beberapa jumlah yang harus di pesan ? pesanlah bahan dalam jumlah yang paling ekonomis (economically order).

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *